Tuesday 11 September 2007

Pelatihan Self Regulated Training



Untuk meningkatkan kemampuan para orang tua Homeschooler dalam mendampingi putra-putrinya belajar mandiri maka BERKEMAS mengadakan pelatihan Self Regulated Learning dengan trainer Desi Mutia Ali lulusan program Magister Profesi Pendidikan Fakultas Psikologi UI. Pelatihan SLR ini juga merupakan pengembangan dari metode SLR yang dilakukan oleh Desi sendiri. Pelatihan diikuti oleh 11 orang ibu homeschooler.
Dalam pelatihan SLR para ibu diajarkan untuk mengetahui modalitas dan gaya belajar anak serta area yang dapat dikembangkan dari gaya belajar tersebut, menumbuhkan motivasi anak untuk belajar, membantu anak menetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam setiap proses anak, serta membantu anak mengevaluasi target serta pencapaian akademik anak. Sehingga diharapkan anak akan mempunyai Self Regulated Learning ditandai dengan mempunyai kepercayaan diri untuk mengarahkan diri, bertindak dan memodifikasi lingkungan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang spesifik. Mereka juga diharapkan akan selalu berusaha untuk menguasai, memahami dengan mencari data sebanyak yang dibutuhkan serta memanfaatkan segala sumber yang tersedia untuk kesuksesan belajar.
Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari tidak menyurutkan semangat para ibu-ibu dikarenakan pelatihan yang berlangsung dengan semarak karena pemberian materi tidak hanya dari satu pihak tapi juga banyak permainan dan diskusi. Isi pelatihan juga sangat membantu para ibu nantinya dalam mendampingi proses homeschooling anak.

No comments: