Sunday 16 September 2007

Membentuk Sekolahrumah Majemuk

Beberapa keluarga di BERKEMAS bersepakat untuk mejalankan homeschooling majemuk. Apakah yang dimaksud dengan homeschooling atau Sekolah rumah majemuk? Menurut panduan pelaksanaan sekolahrumah yang dikeluarkan oleh Diknas Sekolahrumah Majemuk adalah format Sekolahrumah yang dilaksanakan oleh orangtua dari dua atau lebih keluarga lain yang menerapkan Sekolahrumah karena melakukan satu atau lebih kegiatan sementara kegiatan inti dan kegiatan lainnya tetap dilaksanakan dalam lingkungan rumah oleh orangtua masing-masing.

Jadi dalam melakukan bentuk sekolahrumah majemuk bukan berarti meniadakan peran orang tua dalam pelaksanaan sekolahrumah. Kegiatan akedemik tetap dilaksanakan dirumah dan dibawah bimbingan orang tua masing-masing. Jadi walaupun satu kelompok dalam komunitas majemuk para orang tua bebas menentukan kurikulum apa yag hendak dicapai tidak harus sama dengan anggota lainnya. Pada prakteknya waktu penyelesaian kurikulum bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan disekolah, sehingga waktu yg tersisa bisa digunakan untuk berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan tertentu untuk ibu dan anak.yang sudah disepakati. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilihat diblog ini.

Biasanya kami mengadakan berbagai kegiatan yang tidak hanya berpusat pada anak saja tapi juga peningkatan pengetahuan para ibu melalui berbagai pelatihan ataupun sharing pengalaman para ibu-ibu lain. Ide dan keputusan untuk melakukan pelatihan ataupun kegiatan juga datangnya dari para ibu. Berbagai pelatihan kami lakukan dengan format santai sambil lesehan, dirumah salah satu anggota. Model pelatihan tersebut membuat ibu-ibu lebih rileks dan menyerap berbagai materi yang ada. Mengenai trainernya bisa siapa saja, bisa trainer khusus yang memang kami cari ataupun salah satu dari anggota BERKEMAS yang mempunyai keahlian khusus yang bisa dibagi.

Dengan menjalankan sekolah rumah majemuk ada banyak keuntungan yang kami rasakan.yaitu:
- kesempatan para anak dan ibu untuk bersosialisasi antar homeschooler
- saling berbagi pengalaman atau resources tentang homeschooling
- menekan biaya untuk melakukan berbagai kegiatan
- kemudahan untuk melakukan field trip yang tidak direncanakan
- mengatasi kebingungan para ibu yang baru mulai homeschooling karena langsung merasakan asyiknya homeschooling.

Apabila ibu –ibu ada yang tertarik untuk membuat sekolah rumah majemuk bisa dilakukan dengan mencari keluarga yang lain yang mempunyai visi misi yang sama dalam mendidik anak dan lokasi rumah yg berdekatan untuk memudahkan proses pertemuan serta satu yang patut diingat adalah sekolahrumah majemuk bukan berarti menitipkan anak pada orang tua lainnya. Tapi setiap orang tua atau pendamping diharuskan peran sertanya dalam setiap kegiatan
BERKEMAS siap membantu berbagi pengalaman pada para ibu yang ingin membentuk komunitas sekolah rumah majemuk. Anda bisa menghubungi kami lebih lanjut. Tidak ada kata yang tidak mungkin untuk melakukan homeschooling.
Happy Homeschooling.

No comments: