Tuesday 11 September 2007

Pelatihan Menulis


Tanggal 28 Agustus kemarin BERKEMAS kembali kedatangan tamu istimewa yaitu Mbak Endah W.S. Beliau adalah mantan Editor Senior majalah Reader Digest yang sekarang mengelola kursus menulis online di situs http://www.kelasmenulis.com/. Agenda kedatangan Mbak Endah adalah untuk mengadakan pelatihan menulis bagi anak & ibu di BERKEMAS.
Untuk anak2 mereka ditugaskan untuk menulis tentang ibu mereka. Bagi yang belum lancar menulis boleh menceritakan tentang ibu mereka dengan bahasa gambar. Awalnya anak2 malu dan ragu untuk menulis, tapi berkat arahan Mbak Endah mereka bisa mengekspresikan perasaan terhadap ibu mereka. Banyak tulisan yang menyentuh yang membuat para ibu begitu tersentuh dan merasa bahwa anak-anak begitu menyayangi ibunya.

Para ibu juga awalnya ragu dan kurang percaya diri untuk menulis meskipun tetap semangat untuk menulis. Apalagi setelah Mbak Endah membacakan beberapa contoh tulisan para ibu lain yang bukan penulis para ibu semakin bersemangat dan mulai yakin kalau mereka sendiri juga bisa menulis. Hal ini terbukti ketika hasil tulisan dikumpulkan bahkan ada yg menulis sampai 3 halaman folio. Ketika dibacakan tulisan-tulisan yg bertopik Peran Ibu banyak tulisan yg menggugah emosi tak jarang ada tangisan ketika mendengar salah satu tulisan dibacakan.

Setelah pelatihan para peserta merasa puas apalagi mendapatkan sertifikat. Banyak yg tidak percaya kalau ternyata bukan penulispun bisa menulis. Dari Mbak Endah juga didapat pelajaran penting bahwa ketika menulis luapakan dulu semua aturan tata bahasa dan biarkan kreativitas dan emosi kita masuk kedalam tulisan. Karena menulis adalah sarana kita mengkomunikasikan ide kita dalam bahasa tulisan.

No comments: