Wednesday 26 September 2007

Kirigami


Belum banyak orang yang mengenal kirigami, yang merupakan variasi dari origami yaitu seni melipat kertas dari Jepang. Padahal kirigami mudah dipelajari dan hasilnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat hiasan, kartu ucapan, pembatas buku dan lain sebagainya.

Kata kirigami berasal dari bahasa Jepang yaitu "kiri=menggunting" dan "gami=kertas" jadi kirigami artinya menggunting kertas tapi pada prakteknya kirigami tidak hanya melibatkan menggunting kertas tapi juga melipat kertas. Jadi yang membedakan origami dengan kirigami adalah proses mengguntingnya. Jika origami kita hanya melipat kertas tapi kalau kita ingin membuat kirigami kita harus melipat dan kemudian mengunting kertas tersebut engan mengikuti pola yang telah kita buat.

Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup sederhana yaitu aneka jenis kertas, gunting dan pola untuk membuat kirigami. Anak-anak di BERKEMAS sangat menyukai kirigami karena hanya dengan beberapa lipatan dan guntingan mereka bisa merubah kertas yang pada awalnya hanya berbentuk segi empat biasa menjadi aneka macam bentuk yang cantik. Mereka sangat menikmati proses membuka lipatan kertas yang sudah digunting, tiba-tiba dari lipatan tersebut muncul bentuk yg sangat berbeda dari bentuk awal kertas tadi.

Untuk pola dan cara membuatnya kita bisa lihat di link dibawah ini

kirigami1
kirigami2

Bisa juga dengan membeli buku berjudul Kirigami- Kreasi Indah Seni Mengunting Kertas pengarang Revi Devi Paat yang dijual di toko buku Gramedia seharga Rp. 40.000. Bahkan ketika kita sudah mempelajari lipatan dasarnya kita dapat menciptakan aneka bentuk baru

No comments: