Wednesday 28 November 2007

Seminar Pendidikan Untuk Semua



Komunitas Homeschooling BERKEMAS bekerjasama dengan Penerbit Sakura pada tanggal 24 November kemarin menggelar Seminar Pendidikan bertema "Pendidikan Untuk Semua". Seminar yang dihadiri oleh 74 peserta ini menggambil tempat di Aula Departemen Pertanian Jl. H. Dharsono Ragunan. Sebelum Sesi Pertama Seminar dimulai Ibu Emmy Soekresno Spd. yang bertindak sebagai Pembicara Sesi II mengajak seluruh peserta untuk melakukan berbagai gerakan mengikuti musik. Semua peserta terlihat antusias mengikuti berbagai gerakan yang di contohkan. Ruang Seminar berubah menjadi lebih semarak dan meriah. Ini dilakukan Bu Emmy untuk memberi contoh bagaimana selayaknya orang tua bersikap terhadap anak. Orang tua hendaknya gembira, bersemangat dan tidak menjaga jarak dengan anak. Kemudian seminar diawali dengan topik A - Z tentang Homeschooling yang disampaikan oleh Bu Yayah Komariah Spd. Pada kesempatan kali ini Bu Yayah membahas homeschooling dari apa yang harus disiapkan dalam memulai homeschooling, cara bersosialisasi, pendekatan belajar-mengajar, kurikulum sampai dengan legalitas homeschooling.

'Arah Baru dalam Pendidkan' merupakan topik yang diangkat oleh bu Emmy Sokresno di sesi kedua. Diawal pembahasan Bu emmy membahas keadaan pendidikan kita saat ini yang mempunyai beberapa kekurangan diantaranya lebih berfokus pada apa yang perlu disampaikan ( kurikulum ) serta berhenti pada pengetahuan teoritis dimana pelajaran yang satu tidak pernah dihubungkan dengan yang lain. Oleh karena itu perlu adanya arah baru dalam pendidikan untuk menyiapkan jalan menuju kesuksesan. Ada dua teori yang menjadi landasan yaitu Pendidikan sesuai perumpamaan pohon oleh Dr. Daud Tauhidi seorang ilmuwan miskin sekaligus pendiri Crescent Academy International, Michigan, USA dan Teori belajar seusai kerja otak (Brain Based Learning) dikembangkan oleh Eric Jensen. Untuk bisa menerapkan teori tersebut maka kita harus mempersiapkan lingkungan rumah yang diperkaya dan penuh cinta.

Setelah kedua Pembicara memaparkan makalah masing-masing dibuka sesi tanya jawab yang kemudian ditutup dengan pembagian door price.
Seminar ini juga diramaikan dengan stand mainan edukatif Bu Emmy, buku dari Mizan dan Syamil, CD anak-anak dari CMS bahkan stand anak Homeschooling sendiri yang menjual aneka makanan kecil.
Sebagai oleh - oleh para peserta mendapatkan majalah Parents Guide, Ummi dan Tarbawi yang bertindak sebagai sponsor acara.

No comments: